Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, apapun itu. Adalah tidak mungkin Allah azza wajalla menciptakan atau menakdirkan sesuatu dengan sia-sia tanpa ada guna atau manfaatnya sama sekali.

Boleh jadi di hadaoan manusia sesuatu hal itu tidak berarti sama sekali, tetapi di hadapan Allah hal itu sangat bernilai. Seperti hal yang sedang dialami oleh beberapa orang siswa yang baru mendengar hasil ujian nasionalnya. Sebagian dari mereka yang ternyata tidak lulus UN tentu saja sangat terpukul, kecewa. Apalagi bila sejak pertama mereka optimis bakal lulus, ternyata mereka tidak lulus. Remuklah perasaan mereka.

Sebagai mantan atau siswa yang lulus mungkin kita bisa saja menasihati mereka untuk bersabar, tetapi segampang itukah? Coba kalau kita yang tidak lulus, tak akan terbayang bagaimana perasaan kita.

Namun yang perlu diingat adalah semua kejadian yang menimpa seseorang atau sekelompok orang pasti sudah Allah hitung dengan cermat dan Allah punya rencana terbaik bagi mereka yang tidak lulus. Ingat, kita bisa merencanakan apa pun, tetapi Allah pun punya rencana dan yang akan terwujud pastilah rencana Allah.

Yang menjadi bahan pemikiran kita sekarang adalah bagaimana caranya agar rencana kita selaras dengan rencana Allah, sehingga kita dapat menuai hasil dari program-program yang telah kita rencanakan dengan baik.

kita boleh berencana agar kita lulus UN, tetapi kan Allah juga punya rencana. Jangan tanya mengapa Allah tidak meluluskan saya, tetapi pikirkanlah apa sebenarnya pelajaran yang dapat kita petik dari semua kejadian ini.

Jangan bersedih kawan mari kita raih masa depan meski kita saat ini belun lulus Ujian Nasional.
Tetap semangat!