HIDUP DENGAN SEMANGAT

Pandangan seseorang tentang hidup dan kehidupannya sangatlah beragam. Ada orang yang menganggap bahwa hidupnya itu adalah untuk mencari rezeki, mencari ketenaran, mencari ilmu, mencari kesenangan, mencari keridhoan Allah dan banyak hal lainnya yang menjadi tujuan hidup seseorang.

Sekarang pertanyaannya, apa yang menjadi tujuan Anda dalam hidup? Apakah mencari kesenangan duniawi saja atau mencari sesuatu hal yang hakiki yang tentu saja dapat memberikan kesenangan di dunia dan di akhirat.

Apapun yang menjadi tujuan hidup Anda yang terpenting adalah kekuatan spirit atau semangat Anda dalam menjalaninya. Orang yang memiliki semangat (ghirah) maka ia akan mampu menerjang ombak dan mendaki gunung permasalahan.

Nah sahabat, semangat itu sering juga disebut dengan spirit. Pasti kita sudah familiar dengan kata ini. kemudian, ada kata spiritual yang lebih condong kepada hal-hal yang berbau agama. Lalu sekarang apa sebenarnya hubungan antara spirit (semangat) dengan spiritual (agama pada umumnya)?

Semangat adalah sebentuk energi yang memberikan kita tambahan kekuatan (power). Dengan tambahan kekuatan ini sesuatu hal yang kita anggap sudah tidak mungkin dilakukan karena kita sudah kelelahan misalnya, dapat kita kerjakan sebagaimana kita baru pertama kali melakukan pekerjaan tersebut.

Lantas, dari mana semangat itu muncul? Pasti ada penyebabnya. Itulah spiritual
bersambung …………