Setiap hari kita pasti akan selalu mendengar atau membaca berita, apapun itu. Dari koran, televisi, radio, brosur atau dari mulut ke mulut. Bahkan kabar angin sekalipun. Berita yang sampai kepada kita tentu sedikit banyak akan mempengaruhi pemikiran kita. Memberi wawasan baru yang mungkin akan menambah semangat hidup kita atau sebaliknya. Membuat kita suka terhadap sesuatu hal yang diberitakan atau membencinya. Semua itu tergantung pada media yang memberikan berita tersebut.

Untuk itu agar kita tidak sia-sia dalam memperoleh berita kita harus bisa memilah-milih mana sumber berita yang kualitas, keakuratannya dapa dipertanggung jawabkan. Bukan hanya membuat senang pembaca belaka.

Kita fokuskan bahasan kita pada surat kabar atau koran nasional. Dari sekian banyak koran yang beredar, baik itu yang bersifat lokal, maupun nasional manakah surat kabar yang memiliki kualitas yang paling baik. Apakah itu Kompas, Republika, Sindo, Pos Kota, Pikiran Rakyat, Tempo, Warta Kota, dan atau ada surat kabar lain yang memang lebih baik?