Setiap hari, setiap saat, selalu saja ada masalah yang muncul. Darimanapun itu, yang jelas membuat kita mengerutkan dahi. Semuanya datang tak pernah terduga, tiba-tiba saja sudah nampak di depan kita, dan mau tidak mau harus kita hadapi.

Tetapi, masalahnya bagaimana kita bisa menghadapinya saja tanpa menyelesaikannya. Untuk itu kita memerlukan pengetahuan yang sesuai dengan masalah yang sedang kita hadapi tersebut. Dan, sudah barang tentu masalah itu dapat kita tebak akan datang sehingga kita bisa menyiapkan ilmu untuk menghadapinya.

Untuk itu, percepatan kita dalam mencari ilmu harus jauh lebih baik ketimbang permasalahan yang terus datang kepada kita. Kalau permasalahan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan ilmu, maka kita akan merasa terbelenggu dan tidak bisa berbuat banyak. Mending kalau kita tidak stress dan bunuh diri, kalau demikian, kan repot dunia akhirat.

Kemudian, ketika masalah itu menimpa maka kita harus bisa dan berani menghadapi, hayati dan menikmatinya. Agar, masalah tersebut nantinya akan menjadi pemacu semangat bagi kita untuk menghadapi masalah-masalah selanjutnya dengan lebih baik, bijak, dan dewasa.

Selamat Menuntut Ilmu!