Baca dan perhatikan sesuatu dengan baik, tenang, dan penuh penghayatan, agar kau memperoleh apa yang dimaksud dan dituju oleh sesuatu yang kamu baca tersebut.

Setiap saat, kalau kita membaca berita atau memerhatikan sesuatu hal, maka setelahnya akan muncul berbagai opini yang keluar dari benak kita sebagai reaksi dari apa yang disuguhkan oleh wacana tersebut. Tidak jarang rasa kagum, takjub, kesal, muak, dan sebagainya muncul sebagai buah dari apa yang kita baca.

Tetapi sahabat, sadarkah kita kalau tidak jarang sesuatu yang kita pikirkan tidaklah sesuai dengan apa yang dimaksud dari wacana atau masalah yang kita perhatikan tersebut. Karena kesalahan kita dalam memahami maksud dan tujuan objek yang kita baca.

Sebenarnya, kalau wacana atau masalah itu dibaca dan diperhatikan dengan benar maka kita akan memberikan komentar yang baik, eh ..ternyata malah komentar yang sebaliknya yang keluar dari pikiran kita.

Memang ini tidak terlalu bermasalah, tetapi ingatlah komentar yang salah -sedikit banyak- akan memengaruhi pola pikir kita selanjutnya. Untuk itu, diperlukan konsentrasi yang baik, pemahaman terhadap suatu permasalahan agar kita mampu memberikan masukan, kritik yang mampu meningkatkan kualitas.