Tags

Bagaimana aku akan menghadadapi masa depan, hari esok. Bagaimana aku akan menjalani hidup dengan pasangan yang sangat aku cintai. Bagaimana aku mempertahankan hidup dan berjuang memperbaiki tarap hidup. Bagaimana aku akan membahagiakan keluarga, guru, teman, bangsa dan agama Islam terinta. Bagaimana ketika aku ditimpa kesulitan atau kemudahan. Bagaimana dan bagaimana, semuanya masih aku pikirkan.

Bagaimana jika ada orang yang sakit hati karena sikapku. Bagaimana jika aku mengkhianati cinta seseorang, kepercayaan, dan sebagainya. Bagaimana jika malam yang pendek terasa panjang karena sebuah penantian yang tiada henti-hentinya. Bagaimana jika semua yang aku lakukan tidak memiliki arti apa-apa di kemudian hari. Bagaimana jika kesia-siaan yang ternyata aku geluti. Bagaimana Jika ketulusan yang aku gembor-gemborkan ternyata hanya isapan jempol belaka. Bagaimana dan bagaimana, aku masih berpikir.

Mungkin tidak semua dapat terpikirkan oleh otak ini, tapi setidaknya ada sebuah pemikiran yang mewakili semuanya. Pemikiran yang memberikan pencerahan dan semangat. Pemikiran yang menjadikan kehidupan ini terasa bermakna dan menyenangkan walaupun suasananya bagai dalam penjara. Dan seterusnya dan seterusnya.

Bagaimana bisnisku bisa sukses, bagaimana jika aku tidak mampu menghadapi godaan yang berbau materi dan nafsu. Bagaimana jika orang yang dahulu aku sayangi kini menjadi membenciku, bagaimana bagaimana dan bagaimana…..

Semoga saja aku mendaptka jawaban dari apa yang aku pikirkan dan apa yang aku cita-idamkan. Begitupun kita semua, begitupun orang-orang bukan kita. Bagaimana?