Tags

, , ,

Masa liburan akan segera usai. Arus balik akan terus bertambah dan akan memadati jalan-jalan menuju kota-kota besar ataupun sebaliknya, menuju ke pedesaan. Mereka, yang sehari-hari berada di kota akan lebih memilih liburan di kampung atau di desa. Karena ia bosan dengan suasana kota yang hiruk pikuk. Begitupun sebaliknya, orang yang terbiasa hidup di desa akan lebih memilih liburan ke kota karena mereka bosan dengan kehidupan di kampung yang sepi dan dingin.

Ya, kita manusia adalah makhluk yang lebih menyenangi hal yang baru, yang lebih segar dan memberikan suasana berbeda dari biasanya. Maka, tidak aneh jika tiap minggu, bulan atau tahun kita membeli sesuatu yang baru. Apakah itu pakaian, tempat tinggal, kendaraan, atau bahkan pasangan baru.

Kita pun mengharapkan mendapatkan pekerjaan atau penghasilan yang baru; lebih besar dan lebih memberikan jaminan.

Namun dari sisi semua itu kita mesti memperhatikan suatu keniscayaan. Bahwasanya Allah lebih tahu dan mengerti akan kebiasaan makhluk-Nya ini. Maka tak ayal Dia pun menjajnjikan kehidupan baru yang jauh lebih baik dan tidak akan pernah terbayangkan oleh manusia-manusia yang ada di muka bumi ini.

Dan, untuk semua itu tentu ada syaratnya; kita harus bisa menahan segala hawa nafsu dan melakukan hal-hal yang memang menjadi syarat bagi seseorang untuk dicintai-Nya. Karena semua kenikmatan itu hanya bisa diperoleh oleh orang yang memang dasayangi-Nya.

Dijamin, semuanya baru dan memang benar-benar baru. Berbeda dengan baru perspektif manusia. Barunya hanya modifikasi dari yang lama atau barang yang memang belum pernah dipakai. Maka sebelum semuanya semakin ngawur mari kita perbaiki diri kita, termasuk tulisan ini.