Tags

, , , ,

Bulan Agustus, begitu berartinya bulan ini bagi bangsa Indonesia. Terbukti pada bulan ini banyak berbagai kegiatan yang bernilai perjuangan dan pengorbanan. Kegiatan yang dimaksudkan untuk syukuran terlihat dimana-mana. Mulai dari hiasan di jalan-jalan dan setiap rumah, sampai acara-acara yang sifatnya meriah. Bahkan, isu gejolak ekonomi pun terasa hilang tanpa karana. Semua ini tiada lain adalah untuk memperingati hari kemerdekaan negara kita yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Namun dari semua itu, apakah kita mengerti arti dari kemerdekaan itu sendiri? Entahlah, mungkin ya, mungkin tidak. Maka sudah semestinyalah kita tahu, faham akan arti kemerdekaan. Setidaknya untuk kita sendiri. Agar kita tidak terbelenggu dalam tirani “penjajahan” selamanya.

Arti kemerdekaan itu memang luas sekali. Tergantung dari cara kita memandang, dari segi apa, dan dalam bidang apa. Apakah arti kemerdekaan dalam bidang Teknologi, arti kemerdekaan di mata pengemis, arti kemerdekaan bagi komunitas tertentu, bagi seorang penulis, dan lain sebagainya. Termasuk kemerdekaan berpartai.

Dan masih banyak lagi arti kemerdekaan yang meluas sesuai jalurnya. Yang penting kita mampu mengisi dan membuktikan dengan kinerja kita yang unggul dan membanggakan semuanya.