Tags

, , , , ,

Salah satu nilai yang dimiliki bulan Ramadhan dari segi sejarah adalah diturunkannya permulaan al-Quran pada bulan ini (Q.S. al-Baqarah: 185) yang berguna bagi umat manusia di seluruh dunia ini. al-Quran yang merupakan kitab yang paling banyak dan paling sering dibaca di muka bumi ini tidaklah akan pernah bisa dipalsukan sama hari kiamat. Itulah janji Allah swt.

Ada banyak nilai dan manfaat dari al-Quran. Selain sebagai sesuatu untuk ibadah umat Islam, ia juga adalah referensi dari semua yang ada, yang telah Allah ciptakan di seluruh jagat raya ini. Makanya tidak heran jika ketika ditemukannya sesuatu yang baru baik itu dari segi sains, maupun ilmu-ilmu lain ternyata di dalam al-Quran telah ada sejak dari dulu. Padahal penemuan itu baru diketemukan setelah kurang lebih 1400 tahun.

Maka tidak sedikit ilmuwan barat yang non muslim setelah mempelajari al-Quran dan disinergikan dengan penelitian akhirnya mereka menyimpulkan kebenarannya. Mereka pun beriman dan masuk Islam. Belum lagi dari segi sosial, hukum masyarakat, kesehatan, politik, dan semuanya, ada dalam al-Quran yang mulia ini.

Lalu, sekarang bagi kita yang merasa terbatas kalau harus menggali sedalam-dalamnya, apa yang harus diperbuat? Munimal, kita mau membaca dan mempelajari bacaannya. mudah-mudahan nantinya Allah membimbing kita untuk meningkatkan wawasan keilmuan kita terhadap al-Quran ini. Dan, bulan Ramadhan adalah bulan yang paling tepat untuk kita membuktikan rasa cinta kita terhadap Allah lewat al-Quran. Karena, biar pun kita belum tahu akan maksud dari al-Quran yang kita baca, toh Allah Maha tahu dan bisa saja menggerakkan hati kita ke arah kebenaran yang memang kita harapkan.

Mari kita isi bulan Ramadhan ini dengan tadarus dan Thalabul ‘ilmi agar kita mendapat kebaikan Allah swt lewat Ramadhan al-Mubarak. Amin