Tags

, , ,

Hidup, sejatinya adalah sebuah perjalanan. Panjang atau pendeknya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Terkadang, memang kehidupan ini begitu melelahkan, menjenuhkan, dan membuat frustasi. Tapi tak jarang kita merasa ingin hidup selamanya di dunia ini karena kehagiaan yang kita rasakan.

Hidup ini terasa begitu panjang dan melelahkan ketika kita terpengaruh dan terpedaya oleh kesemuan yang tidak kita sadari. Ketika masalah bertumpuk dan tidak bisa kita atasi; mulai dari masalah pekerjaan yang tidak memuaskan, keluarga yang berantakan, utang yang melilit dan membuat sesak, dan sebagainya. Dan semua tidak diimbangi dengan ilmu untuk menyelesaikannya.

Namun, hidup ini akan terasa mudah, ringan dan menyenangkan jika kita mempunyai ilmu dalam menjalaninya, menyelesaikan masalah yang dihadapi, dan terus menciptakan inovasi-inovasi dalam menjalani hidup ini.

Cobalah kita perhatikan, kenapa TARZAN bisa hidup di hutan belantara tanpa berbekal apa pun, bahkan pakaian pun tidak. Tetapi toh ia bisa menikmatinya. Tidak lain karena ia memiliki ilmu, yaitu ilmu hidup di hutan belantara. So, kalau kita memang ingin hidup bahagia kenapa kita malas menunutut ilmu.

Masalahnya kita malas berkorban; waktu, tenaga, dan harta. Kita merasa sayang kalau harus mengeluarkan uang hanya untuk mengikuti seminar, beli buku, atau apalah yang berbau ilmu. Kita juga malas mempelajari kehidupan sekitar kita. Padahal kalau kita mau, teman kita bisa kita jadikan ilmu, penglamannya bisa menjadi pelajaran, dan seterusnya.

Ingat, semuanya butuh pengorbanan. Tanpa kecuali.

SELAMAT BERJUANG!