pemiluSiapa yang harus dipilih dalam pilpres Juli 2009? SBY-Boediono, JK-Wiranto, atau Mega-Prabowo?
Tidak sedikit yang merasa bingung atau bahkan pusing memikirkannya. Betapa tidak, setiap calon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

SBY-Berbudi punya koalisi yang kuat didorong dengan ketokohan SBY yang mapan. Akan tetapi banyak isu atau kabar miring yang muncul tentang mereka dan bukan sekedar isu.

JK-Wiranto merupakan calon-calon yang memperlihatkan “kelurusan” dengan tidak terlalu heboh terekpos oleh media dan lebih dijadikan kambing hitam. Tidak membuat acara deklarasi yang “WAH!”. Tapi para pemilih masih beranggapan bahwa JK lebih mengutamakan kepentingan bisnis keluarganya dengan berbagai terobosan-terobosannya seperti program kompor gas, dan lain-lain.

Mega-Prabowo; Mereka berdeklarasi di Bantar Gebang, Bekasi. Entah apa maksud di balik itu semua, mungkin nyindir SBY-Boediono yang berdeklarasi mewah di Sabuga Bandung, yang dinilai tidak pro rakyat yang memang lebih banyak dalam keadaan miskin. Sehingga mereka berharap dikatakan pro rakyat karena berdeklarasi di tempat pembuangan sampah.

Para calon pemilih Mega-Prabowo masih trauma dengan beberapa aset penting negara yang dijual pada masa pemerintahan Megawati dulu, termasuk mungkin beberapa pulau nusantara yang lepas.

Entahlah, dari mana kita akan memandang dari sudut mana, yang jelas siapapun presiden yang akan datang pastilah itu adalah presiden terbaik yang ditakdirkan oleh Allah swt untuk bangsa Indonesia. Semoga!