Tags

, , , , ,

Bangsa Indonesia sedang sakit.
Setujukah Anda bahwa Bangsa Indonesia sedang sakit?

Bangsa yang dikenal oleh dunia dengan kerukunan beragamanya, toleransi, keanekaragaman budaya, suku bangsa yang berbeda-beda, Sumber daya alam yang melimpah, dan berbagai ciri khas Indonesia lainnya yang pada masa-masa sebelumnya lebih dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia, kini mulai beralih menjadi bangsa yang dipandang dari sisi negatif yang benar-benar membuat kita terkadang minder dan malu menjadi bangsa Indonesia.

Bangsa kita sekarang lebih dikenal dengan bangsa yang anarkhis, arogan, konsumtif, bangsa yang “miskin”, bangsa yang korup, perusak alam, masyarakatnya kurang nasionalis, dan berbagai pandangan negatif lainnya.

Hal ini tentunya bukan untuk membuat kita tidak bangga akan kebangsaan kita sendiri, akan tetapi setidaknya kita juga mau membuka diri akan berbagai kekurangan, keborokan kita sendiri, agar kita bisa menyembuhkan bangsa kita dari berbagai penyakit yang melandanya, terutama penyakit moralitas “krisis moral”. Karena dari sinilah bangsa kita bisa bangkit, yaitu ketika bangsa kita memiliki moral yang positif terhadap sesama manusia, dan lingkungannya.