Tags

, , ,

Uniknya-Sebuah-Rak-Buku_2 Sebagai seorang manusia yang hidup pada masa mutakhir seperti sekarang ini dan juga itu, sudah semestinya kita atau mungkin aku saja, memiliki koleksi harta. Harta di sini jangan dikira berupa harta benda berupa tanah, rumah, kendaraan, uang dan sejenisnya. Maksud harta di sini adalah “BUKU”. Ya, Buku. Buku teks.

Berapa banyak buku yang ada di tempat tinggalmu? Jangan bilang kalau tak ada satupun, maka aku akan tepok jidat dan semakin lebar pula-lah jidatku. Mungkin akan banyak alasan, kenapa harus ada buku teks kalau sudah banyak e-book yang bisa disimpan dalam gajet (gadget), buat apa punya/beli buku teks kalau tidak pernah dibaca, dan beribu alasan lainnya. Terserahlah kalau mau beralasan, karena: “ORANG MAU BANYAK JALAN, ORANG TIDAK MAU PASTI BANYAK ALASAN”.

Nah, pada kesempatan ini penulis mau berbagi mengenai tips MERAWAT BUKU. Berdasarkan pengalaman penulis yang menyadari adanya berbagai kejadian yang dianggap tidak menyenangkan bagi seseorang yang suka mengoleksi buku walaupun membaca tidak pernah. Pernah atau tidak buku itu dibaca, pada suatu saat pasti akan menjadi motivasi, pencerahan dan manfaat, yang penting rawatlah buku-buku-mu, kalau bosan dan malas merawat, silakan kirim saja ke alamat penulis -insya Alloh bakal dirawat dan tak akan dijual.

Konon katanya (kata penulis) berusaha memiliki sesuatu biasanya akan berakhir ketika sesuatu itu telah berhasil didapatkan, masih mending  kalau disimpan-dibiarkan begitu saja, nah parahnya lagi tidak sedikit yang membuang susuatu yang telah susah payah didapatkan dikarenakan tidak adanya lagi rasa ingin. Akan lebih sulit merawat apa yang sudah didapatkan dibandingkan dengan mendapatkan sesuatu yang baru.

Berikut ini beberapa tips merawat buku yang penulis dapatkan dari dumay, diantaranya:

Pada situs Pustaka Imam Syafi’i :

1. Disampul
2. Jangan dilipat
3. Disusun berdiri; bukan ditupuk
4. Dibersihkan
5. Jangan ditekuk/dilipat
6. Jangan dicorat-coret
7. Diberi kapur barus/ kamper8. Lakukan Rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali
9. Cahaya yang cukup, dan
10. Mudah dijangkau
Selengkapnya silakan baca di sini