Budaya gemar membaca orang Indonesia pastinya masih jauh jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, Korea, dan negara maju lainnya. Peningkatan dari tahun ke tahun mungkin ada, seiring dengan menjamurnya Smartphone yang memberikan kemudahan dalam mengakses berita dan ilmu. Itupun jika si empunya mau menggunakannya untuk membaca.

Namun, jika diperhatikan budaya membaca orang Indonesia sangat meningkat signifikan. Dan sayangnya lagi, yang meningkat adalah membaca status di media-media sosial yang tentu lebih banyak basa-basinya dibandingkan dengan knowledge sharing di dalam status-status tersebut. Sudah begitu, yang dibacanya banyak dari status-status teman media sosialnya, dia timpali dengan tulisan-tulisan komentar atau pun status yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang dia baca.

Maka mulai sekarang marilah kita tingkatkan minat baca kita. Pilih bacaan yang benar-benar bermanfaat. Bacalah buku, yang menyejukkan hati, memberikan inspirasi dan semangat untuk berbuat baik, dan tentunya bacaan yang ber-pahala.